Minggu, 07 Februari 2016

Resume 1 - Pemasaran dan Promosi Perpustakaan

1. Pemasaran Merupakan proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain 2. Promosi Merupakan aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk, serta membujuk pelanggan sasaran untuk membeli/memanfaatkannya. Promosi bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pengetahuan atau tingkah laku penerima dan membujuk mereka untuk menerima konsep pelayanan atau barang. 3. Iklan Segala bentuk penyajian dan promosi secara nonpribadi dari ide barang dan pelayanan yang dibayar oleh sponsor tertentu. 4. Publikasi Berita atau informasi tentang produk pelayanan atau ide yang dikeluarkan atas nama sponsor, tetapi tidak dibayar oleh sponsor. 5. Hubungan masyarakat mencakup banyak aspek dari hubungan organisasi dan konsumennya.  Konsep Pemasaran 1. Proses manajerial 2. Proses sosial 3. Bentuk pemasaran berupa program yang disusun secara cermat. 4. Tujuan: untuk membantu organisasi yang bersangkutan agar dapat bertahan hidup dan hidup secara sehat dengan jalan melayani pasar secara lebih efektif. 5. Menggunakan dan meramu rangkaian perangkat bauran pemasaran (marketing mix), Jasa Jasa merupakan semua kegiatan ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik dan konstruksi. Jasa layanan adalah semua tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang pada intinya tdak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Produksinya tidak terdapat atau terkait dengan produksi fisik. Karakteristik Jasa : (a) Tidak berwujud, (b) tidak terpisahkan, (c) bervariasi, (d) dapat musnah. Eksternal marketing merupakan usaha mengkomunikasikan produk dengan pelanggan, sementara internal marketing berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan apa yang dikomunikasikan oleh pihak eksternal marketing. Pemasaran perpustakaan merupakan proses mengidentifikasi pemakai potensial yang mau mendengarkan cerita tentang peran perpustakaan, mengembangkan cerita tersebut sehingga pemakai memahami apa yang membuat perpustakaan unik dan pemakai juga akan mendapatkan sesuatu yang menarik serta mengembangkan cara menceritakan yang akan membuat pemakai tertarik. Teknik Pemasaran : (a) Mengetahui tujuan, sumber informasi, dan produk perpustakaan, (b) Mengetahui pesaing, (c) Identifikasi pelanggan perpustakaan, (d) Membuat strategi pasar bagi perpustakaan, dan (d) Menggunakan bauran promosi. Promosi Merupakan mekanisme komunikasi persuasif pemasaran dengan memanfaatkan teknik-teknik hubungan masyarakat untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa. Tujuan Promosi Perpustakaan : - Menurut Jerome: menarik perhatian, menciptakan kesan, membangkitkan minat, memperoleh tanggapan. - Menurut Weinstock tujuan promosi perpustakaan antara lain memperkenalkan pusat informasi dan layanannya kepada masyarakat dan membujuk calon pemakai yang akan menggunakan pelayanan informasi. Keuntungan promosi : (a) Promosi membawa suara bagi perusahaan dalam arena pemasaran, (b) Membantu perusahaan meningkatkan penjualan produknya, (c) Membantu perusahaan dalam menciptakan produk baru, (d) Membantu perusahaan dalam menyelamatkan distribusi produksinya di dalam pasar, serta (e) Membantu perusahaan dalam membangun citra yang baik bagi perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar